Friday, August 6, 2010

Antara Aku dan Yoga




Awal aku tertarik mengikuti olahraga yoga sewaktu bundaku menawarkan untuk join yoga di Kedutaan India, awalnya aku masih ragu karena buat apa sih olahraga yang cuma meditasi dan ga berkeringat (awalnya sih mikir gitu ;p) namun karena pengen banget bundaku minta ditemenin ya sudah lah ikut aja gratis (alias dibayarin) hehehehe.. 
Di Kedutaan India kl kita join waktu tahun 2007 harganya masih 300rb per 3 bulan ;) murah toh?? hehehehe.... di tahun 2007, Guru yoganya namanya Dorean sayang ga lama setelah aku dan bundaku masuk 2 bulan setelahnya dia udah harus diganti karena di Kedutaan India per 3 tahun udah harus diganti buat ganti suasana, nah setelah Dorean diganti, muncul lah Guru yogaku namanya Ravi Vempati, He's a great Guru yoga, kenapa aku bilang gitu? karena dia adalah dokter anatomi mengenai yoga, dia itu mengajarkan yoga tradisional. Yoga yang ga biasa diajarin sebelumnya. Awalnya waktu Guru menggantikan Dorean, kita (anak-anak yoga) sempet bingung, kok gerakannya harus perfect dan tiap gerakan ditahan lama (fuuuiiih) tiap masuk kelas harus silent dan pasang musik India tradisional untuk meditasi, lagunyaoriginal dari Gurunya Ravi yang bisa memainkan musik dikenal dengan Nada Yoga music for meditation and healing by Sri Ganapati Schchidananda Swamiji Dattapeetham, Mysore, India. 
Setelah kita mengikuti kelas yoga , lama-lama baru kita tau kalo yang dimaksud Ravi adalah tiap gerakan harus teliti biar ga cedera, karena tiap gerakan yang kita lakuin ada kegunaannya buat organ ditubuh kita, jadi kalo kita melakukan gerakan yoga ga bisa sembarangan melakukannya ;) 

Aku ada tips yoga nii buat melakukan aktivitas yang baik buat tubuh setiap harinya :  
  1. Wake up in the early morning (minum 1 gelas air hangat)
  2. Do exercise (twisting - heart problem)
  3. Lakukan latihan yoga dengan kaki dibengkokkan sedikit, lalu masukan dua jari dan memijat-mijat lidah, lalu terjadi muntahan (kalo tidak perlu, tidak usah dilakukan) sebelumnya minum 4-6 gelas terlebih dulu. latihan ini bagus buat membersihkan perut (astma + obesity + heart). 
  4. Sawasana. Apa sih itu? Sawasana (posisi mati) itu posisi terlentang (badan), memejamkan mata, kaki terbuka sedikit, telapak tangan menhadap atas, dan semua posisi harus berada dalam MAT (matras), posisi ini bisa memakan waktu kurang lebih 15 menit.
  5. Berjemur
  6. Masukan air hangat dalam ember, dan masukan kaki kedalam kurang lebih 10 menit. ini bagus buat menstruasi, blood presurehipertensyheart.
  7. cold towel in head, and warm water in leg
  8. Selalu lakukan pranayama. Apa itu? pranayama adalah latihan pernafasan
nah ada lagi rutinitas yang biasa aku lakuin juga dirumah nii.. it's good for our health and blood :
  1. mandi dipagi hari dibagian tubuh depan/dada dengan air dingin, sedangkan bagian belakang dengan air hangat
  2. mandi sore hari/malam hari dibagian tubuh depan/dada dengan air hangat, sedangkan bagian belakang dengan air dingin 

Semoga tipsnya bermanfaat heheehehe... ;-)

Selama aku di Kedutaan India, banyak sekali manfaat-manfaatnya badan pun segar, otak jadi fresh banget. Selain gerakan-gerakan yang diberikan, di yoga pun aku suka melakukan bagian meditasi kenapa? karena meditasi membuat kita tenang (tapi harus fokus loh yaa jangan menghayal ataupun tidur ;p) memang tidak mudah kok, waktu pertama kali aku coba juga susah ga konsentrasi hehehe... namun lama kelamaan setelah diajarin sama Guru, aku bisa meditasi dengan tenang. 

Gimana biar kita menjadi fokus atau tenang dalam melakukan meditasi? Aku kasih tips untuk meditasi : 
  1. Duduk dalam posisi senyaman mungkin (tetap posisi badan tegak alias jangan membungkuk)
  2. Pejamkan mata, lemaskan badan dan dengarkan suara musik (musik khusus untuk meditasi/Nada yoga)
  3. Fokuskan diri pada suara (musik) 
  4. Atur pernafasan (inhale exhale)
  5. Fokuskan diri pada satu titik yang membuat tenang
  6. Fokuskan diri dari kebisingan disekitar, balik lagi ke suara musik
  7. Being freed from the walking and the sleeping states, the body does not feel the duals like heat or cold honor or dishonor, joy or sorrow.

selamat menikmati meditasi, semoga aku membantu ;-)

Aku belajar yoga 2 tahun, namun sejak aku mengalami kecelakaan motor, dan klingking kaki kiriku patah, aku berhenti selama kurang lebih 6-7 bulan, sedih banget jadi ga bs melakukan gerakan yang biasa aku lakuin setiap harinya, tapi namanya juga hobby, lambat laun di lakuin juga perlahan-lahan seperti terapi kata Guruku.. harus dilatih setiap harinya namun jangan dipaksakan kalo sakit/nyeri hehehehe... ;p 
Aktivitasku di yoga juga tampil di acara-acara Kedutaan seperti di Mekar Sari aku dan teman yogaku tampil untuk mengisi acara yoga dsana, panas sih cuma seru banget, pengalaman pertama ;p setelah tampil di Mekar Sari, kita anggota yoga Kedutaan India juga mengisi acara "Bali Spirit Festifal 2009" 3 hari, seneng banget kita bisa mengisi acara disana (Bali?? ciiihuuuy ;p). Kita mengisi acaranya sampai malam.. lelah cuma menyenangkan karena dalam 3 hari itu jadwalnya ada beberapa jam yang kosong, aku dan temanku meluangkan waktu buat belanja (eheem) 2 jam cukup buat belanja toh? asal ga berlebihan ;p setelah belanja, lanjut mengikuti yoga dari kelas-kelas lain it's so much fun.. ;-) sampai sekarang aku masih melakukan aktivitas yoga mulai dari Sun Salutation (Surya Namaskar) sampai Moon Salutation. itulah sebagian besar ceritaku mengenai Yoga di Kedutaan India, nti aku kasih lagi info-info mengenai yoga yang lebih personal. ;-) 

Yoga is my hobby and my life... fun, enjoy, fresh, healthy and always positive thinking. selamat melakukan yoga semuanya...... ;;)






3 comments:

  1. Ada info ga, untuk tahun 2016 ini biaya yoga di kedutaan India berapa? atau kontak yang bisa di hubungi di sana.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hello mba yuliani, barusan aku check website nya

      http://indianembassyjakarta.com/index.php/2013-05-20-10-04-59/jnicc/courses2/yoga

      semoga membantu

      Delete
  2. hello thanks atas infonya
    mba Yuliani, aku barusan check
    http://indianembassyjakarta.com/index.php/2013-05-20-10-04-59/jnicc/courses2/yoga

    ada di website nya
    semoga membantu

    ReplyDelete